Perbaikan Kurikulum

Kurikulum menurut Dakir adalah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan dan pengalaman belajar yag diprogramkan, direncanakan, dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. 


Menurut Al-Nahlawi kurikulum adalah rencana sekolah yang berisi pokok-pokok pembelajaran, tujuan, tingkatan, dan apa yang diberikan setiap tahun ajaran, yang djelaskan pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan pada tingkatan atau kelas tertentu dengan melihat tigkat usia anak didik serta berisi tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh anak didik pada tiap pokok bahasan dalam suatu materi pelajaran. 

Menurut Nasution kurikulum adalah mata pelajaran yang akan diajarkan di sekolah, atau kurikulum adalah rencana pengajaran. 

Dari beberapa pendapat mengenai pengertian kurikulum diatas, dapat penulis simpulkan bahwa kurikulum adalah suatu perencanaan kegiatan peserta didik yang dilakukan baik didalam kelas maupun di luar kelas dibawah bimbingan dan binaan pendidik.
Perbaikan kurikulum adalah upaya penyesuaian yang dilakukan untuk meningkatkan koheresi, kesesuaian, kedayagunaan, keterlaksanaan dan keberhasilan program kurikuler berdasarkan informasi yang diperoleh melalui penilaian dan pengukuran.

Perbaikan kurikulum adalah suatu keharusan bagi seorang guru professional. Perbaikan ini sangat perlu dilakukan karena kondisi pembelajar di setiap kelas di setiap level tidaklah sama.metode belajar inkuiri mungkin cocok untuk untuk kelas A, tetapi belum tentu cocok untuk kelas B. guru harus tanggap terhadap situasi dan kondisi belajar siswa. Guru harus siap mengadakan perbaikan atau revisi terhadap kurikulum yang dia rancang apabila ternyata tidak cocok dengan situasi dan kondisi di kelas. Dengan demikian, kerikulum tersebut akan tetap up to date dan relevan dengan kondisi siswa di kelas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel