Pentingnya Pengaturan Ruang Kelas

Written by

Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di kelas merupakan salah satu tugas penting bagi guru sebagai pendidik profesional. Bahkan dapat dikatakan sebagian besar tugas guru digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dalam kelas, sehingga wajar kiranya jika seorang guru menaruh perhatian yang lebih terhadap ruang kelasnya. Itulah sebabnya mengapa guru harus memiliki keterampilan untuk mengatur ruang kelas yang kondusif, yaitu ruang kelas yang mendukung atau menunjang keberhasilan kegiatan belajar-mengajar.

Ruang jelas yang dikelola secara efektif adalah ruang kelas yang berlangsung dengan lancar, dengan sedikit sekali kebingungan dan keterhambatan, dan memaksimalkan kesempatan pemelajaran siswa.

Tidak mungkin bagi seorang guru untuk menyelenggarakan pembelajaran, atau atau bagi para siswa untuk bekerja secara produktif, jika mereka tidak memiliki panduan tentang bagaimana mereka berperilaku, kapan fan bagaimana bergerak diseitar ruangan, dimana harus duduk, kapan mereka boleh dan tidak boleh menginterupsi guru, dan jumlah kebersihan yang bisa diterima.

Mengurus dan menata berbagai sarana belajar dalam pengaturan ruang kelas meliputi kegiatan-kegiatan berikut:
  1. Merencanakan sarana belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar.
  2. Mengadakan sarana belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar.
  3. Menata letak sarana belajar yang telah didapatkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
  4. Melakukukan penilain terhadap penggunaan berbagai sarana belajar, sudah jauh mana efektivitas secara efisiensinya dalam mendukung keberhasilan tujuan kegiatan belajar-mengajar.
  5. Melakukan perbaikan terhadap tata letak sarana belajar yang ada di ruang kelas.
Dalam proses pengaturan kelas dalam sebuah penbelajaran sangat penting, ada beberapa urgensi atau arti penting dari pengaturan kelas itu sendiri di antaranya:
  • Pengaturan kelas dapat menciptakan kelas yang memiliki suasana belajar yang menggairahkan.
  • Pengaturan kelas dapat memfokuskan peserta didik untuk tetap fokus dalam belajar.
Selain itu ada beberapa asumsi dasar dalam pengaturan ruang kelas, yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran, di antaranaya.
  1. Yang pertama dan yang terpenting dari manajemen ruang kelas adalah tentang mencitakan lingkungannya ruang kelas yang di dalamnya, sehingga semua siswa menjadi nyaman.
  2. Manajemen kelas pasti berhubungan dengan intruksi yang efektif .
  3. Manajemen kelas harus meningkat rasa kepemilikan siswa, tanggung jawab dan perasaaan keyakinan personal siswa yang berkaitan dengan belajar mereka.
  4. Manajmen ruang kelas meliputi metode untuk membantu siswa mengembangkan keahliannya.
  5. Manajemen   kelas yang efektif memerlukan guru yang menjaga nilai-nilai dan keyakinannya tentang pentingnya bekerjasama dengan siswa.
Di lembaga Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Dalam mengatur ruang kelas, sebelum Wali kelas/guru yang mempunyai jadwal mengajar jam pertama memimpin siswa mengaji yasin sebelum pelajaran berlangsung, seorang guru terlebih dahulu mengontrol tempat duduk siswa mengenai kebesihan ataupun kerapiannya. setelah itu beliau juga menugaskan kepada siswanya sebelum pelajaran dimulai, bangku dan tempat duduk yang masih belum rapi harus dirapikan terlebih dahulu, dan jika ada sampah disekitar bangku siswa, maka seorang guru akan menyuruh membuang sampah tersebut ke tempat sampah yang sudah di sediakan oleh sekolah yang berada di depan kelas.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close