Pengertian Tenaga Kependidikan

Written by
Dalam masyarakat, tenaga kependidikan masih dianggap mempunyai dua arti, yaitu guru yang ada dalam masyarakat (informal) seperti guru ngaji, ustad maupun orang tertua yang disegani dalam masyarakat tersebut. Yang kedua ada dalam sekolah-sekolahan. Namun, peran guru di sini tidak hanya di sekolah saja, tetapi juga di lingkungan masyarakatnya sehari-hari.

Tenaga kependidikan berbeda dengan tenaga personel (tenaga lembaga pendidikan). Lembaga pendidikan merupakan organisasi pelaksanaan pendidikan dan pengelola penyelenggaraan pendidikan. Tenaga kependidikan termasuk personel yang ada di dalam lembaga pendidikan, tetapi tidak semua personel yang ada di dalam lembaga pendidikan disebut tenaga kependidikan.
Tenaga kependidikan adalah tenaga-tenaga (personil) yang berkecimpung di dalam lembaga atau organisasi pendidikan yang memiliki wawasan pendidikan (memahami falsafah dan ilmu pendidikan), dan melakukan kegiatan pelaksanaan pendidikan (mikro atau makro) atau penyelenggaraan pendidikan. 

Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang berusaha mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan (UU RI no 20 Tahun2003, BAB I Pasal 1).
Dari beberapa pengertian mengenai tenaga kependidikan diatas, maka Tenaga kependidikan merupakan anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, bertugas untuk melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan.

SHOW or HIDE COMMENT

1 comment:

close