Pengertian Profesi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Written by
Secara etimologi, profesi berasal dari akar kata bahasa Latin: pro-fiteri yang berarti “ikrar di muka umum”. Dari kata ini terbentuklah kata profession yang berarti suatu kegiatan kerja yang dikerjakan atas dasar suatu ikrar pengabdian.  Dari profession ini kemudian menjadi istilah profession dalam bahasa Inggris dan profesi dalam bahasa Indonesia. 



Dalam kehidupan sehari-hari orang awam sering tidak dapat membedakan istilah profesi dengan istilah pekerjaan. Dua istilah teknis yang berbeda definisi operasionalnya. Pekerjaan adalah istilah umum yang artinya kegiatan manusia yang menggunakan tenaga, pikiran, peralatan, dan waktu untuk membuat sesuatu, mengerjakan sesuatu, atau menyelesaikan sesuatu. Dalam bahasa Inggris istilah pekerjaan disebut occupation, contohnya adalah pembantu rumah tangga, sopir, pedagang asongan, dokter, dan guru. Tetapi apabila orang bertanaya apakah profesi si Fulan? Tidaklah tepat jika dijawab “pembantu rumah tangga”, “pedagang asongan” atau “sopir”. Tetapi jawabannya adalah “Dokter”, “advokat”, “apoteker”, “dosen” atau “guru”, sebab profesi adalah pekerjaan orang-orang tertentu, bukan pekerjaan sembarang orang.

Selanjutnya, agar memperoleh pemahaman yang agak mendalam tentang apa itu profesi, berikut dikemukakan beberapa pandangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan, keahlian (keterampilan dan kejuruan) tertentu. Wirawan (dalam Departemen Agama, 2001:10), mengemukakan bahwa profesi adalah pekerjaan yang untuk melaksanakannya memerlukan sejumlah persyaratan tertentu. Sedangkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, mendefinisikan profesi sebagai pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjutan di dalam sains dan teknologi yang digunakan sebagai perangkat dasar untuk diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat. 

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa profesi pada dasarnya merupakan suatu pekerjaan berdasarkan basic sains dan teknologi tertentu untuk itu dalam mendapatkannya diperlukan pendidikan dan keahlian (skill) tertentu pula.  

Setelah kita mengetahui pengertian profesi tentu kita bisa melihat banyak sekali jenis profesi yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Profesi yang sering kita lihat yaitu profesi dalam bidang pendidikan salah satunya yaitu tenaga kependidikan. Akan tetapi tidak sedikit diantara kita yang masih belum mengetahui apa itu Tenaga Kependidikan, oleh karena itu, kita akan ulas sedikit mengenai pengertian Tenaga pendidikan dari berbagai pandangan.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 dikemukakan bahwa tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.

Dari pengertian diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa tenaga kependidikan adalah orang-orang yang berpartisipasi dan mendukung kelancaran proses pendidikan meskipun tidak terjun langsung kedalam pendidikan. 

Secara yuridis tenaga kependidikan diatur dalam Pasal 39 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan.

Selanjutnya, seringkali kita mendengar istilah tenaga pendidik. Bahkan istilah itu juga sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tenaga pendidik mempunyai perbedaan dengan tenaga kependidikan.

Secara yuridis dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2004 pasal 39 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidik atau tenaga pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Pendidik yang mengajar pada satuan pendidikan dasar dan menengah disebut guru dan pendidik yang mengajar pada satuan pendidikan tinggi disebut dosen.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close