Manajemen Kesiswaan

Written by
Manajemen kesiswaan merupakan salah satu bidang operasional dalam pengelolaan sekolah. Manajemen sekolah adalah penataan dan pengaturan kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekoah. Manajemen kesiswaan bukanya hanya berbentuk pencatatan data peserta didik melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah.


Konsep manajemen kesiswaan merupakan penggabungan dari kata manajemen dan kesiswaan. Dalam pengertian manajemen terdapat dua kegiatan, yaitu piker (mind) dan kegiatan tingkah laku (action). Manajemen kesiswaan pendidikan islam suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengaturan, serta layanan siswa di kelas dan luar kelas.

Semua kegiatan disekoah-sekolah Islam pada akhirnya ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan dirinya. Upya itu akan maksimal mana kala siswa sendiri secara aktif berupaya mengembangkan diri, sesuai dengan program-program yang diakukan di sekolah-sekolah Islam. Oleh karena itu, sangat pentinguntuk menciptakan kondisi agar siswa dapat mengembangkan diri secara optimal.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close