Konsep Pengambilan Keputusan Taktis

Beberapa konsep dalam pengambilan keputusan taktis, diantaranya:



Keputusan membuat atau membeli
Manajer sering dihadapkan pada keputusan apakah harus membuat atau membeli komponen yang digunakan dalam memproduksi. Sesungguhnya manajemen harus mengevaluasi keputusan masa lalu yang berkaitan dengan produksi secara berkala. Kondisi – kondisi yang menjadi dasar pembuatan keputusan sebelumnya mungkin berubah.

Keputusan pesanan khusus
Keputusan pesanan khusus (Special Order Decision) berfokus pada pertanyaan “Apakah pesanan harga khusus harus diterima atau ditolak? Pesanan – pesanan ini biasanya menarik, karena perusahaan sedang beroperasi dibawah kapasitas produktif maksimumnya.
 
Keputusaan meneruskan atau menghentikan
Seorang manajer harus menentukan apakah suatu segmen, seperti lini produk  harus dipertahankan atau dihapus.  Laporan segmen yang disusun atas dasar perhitungan biaya variabel yang menyediakan informasi beharga bagi  keputusan meneruskan atau menghentikan. Margin konstribusi segmen bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja segmen.
 
Keputusan menjual atau memproses lebih lanjut
Penentuan akan menjual atau memproses lebih lanjut merupakan suatu keputusan penting  yang harus dibuat oleh para manajer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel