Kompetensi Dalam Pembelajaran Organisasi

Adapun kompetensi menurut beberapa ahli, yaitu:
  1. Stephen Robbin menyatakan bahwa kompetensi adalah “kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan”.
  2. Marquart menyatakan bahwa “Agar dapat mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, organisasi harus dapat meningkatkan kapasitas pembelajarannya”.

Studi ini menggunakan 6 dimensi Pembelajaran Organisasi:
  1. Sistem berpikir, yakni kerangka konseptual seseorang yang digunakan untuk membuat pola yang lebih jelas dan membantunya melihat bagaimana mengubah secara efektif.
  2. Model mental, yakni asumsi-asumsi yang melekat secara mendalam tentang bagaimana pengaruh pemahaman kita terhadap dunia dan bagaimana seseorang mengambil tindakan.
  3. Keahlian personal, mengindikasikan kecakapan atau keahlian tingkat tinggi, hal ini menuntut komitmen jangka panjang.
  4. Kerjasama tim, yaitu keahlian yang difokuskan kepada proses menyatukan dan membangun kapasitas tim untuk menciptakan pembelajaran dan menghasilkan anggota-anggota yang benar-benar diharapkan.
  5. Keahlian membagi visi bersama.
  6. Dialog, yakni kemampuan untuk mendengar, membagi dan komunikasi tingkat tinggi diantara anggota organisasi.
Nilai-nilai kompetensi seseorang atau anggota organisasi dapat dipupuk melalui program pendidikan, pengembangan atau pelatihan yang berorientasi pada tuntutan kerja actual dengan penekanan pada pengembangan skill, knowledge and ability yang secara signifikan akan dapat memberikan standar perilaku dalam sistem dan proses kerja yang diterapkan.  Pendidikan dengan berbagai programnya mempunyai peranan penting dalam proses memperoleh dan meningkatkan kualitas kemampuan profesional individu. Melalui pendidikan seseorang dipersipkan untuk memiliki bekal agar siap mengetahui, mengenal dan mengembangkan metode berpikir secara sistematik agar dapat memecahkan masalah yang akan dihadapi dalam kehidupan dikemudian hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel