Fungsi Perencanaan

Sejalan dengan apa yang telah dikemukakan diatas, maka perlu diketahui fungsi-fungsi planning itu sendiri, yaitu:


  1. Menentukan titik tolak dan tujuan usaha. Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapaisehingga merupakan sasaran, sedangkan perencanaan adalah alat untuk mencapai sasar an tersebut. Setiap usaha yang baik harus memilki titik tolak, landasan dan tujuannya.
  2. Memberikan pedoman, pegangan dan arah suatu perusahaan harus mengadakan perencanaan apabila hendak mencapai suatu tunjuan. Tanpa perencanaan, suatu perusahaan tidak akan memiliki pedoman, pegangan dan arahan dalam melaksanakan aktivitas kegiatannya.
  3. Mencegah pemborosan waktu, tenaga dan material. Dalam menetapkan alternatif dalam perencanaan, kita harus mampu menilai apakah alternatif yang dikemukakan realistis atau tidak, atau dengan kata lain, apakah masih dalam batas kemampuan kita serta dapat mencapai tujuan yang kita tetapkan.
  4. Memudahkan pengawasan. Dengan adannya planning kita dapat mengetahui penyelewengan yang terjadi karena planning merupakan pedoman dan patokan dalam melakukan suatu usaha. Agar dapat membuat perencanaan yang baik, maka manajer memerlukan data-data yang lengkap, dapat dipercaya serta aktual
  5. Kemampuan evaluasi yang teratur. Dengan adanya planning ,kita dapat mengetahui apakah usaha yang kita lakukansudah sesuaai dengan tujuan yang ingin kita capai sehingga tidak terjadi under planning dan over planning.
  6. Sebagai  alat koordinasi.perencanaan dalam suatu perusahaan kadang-kadang begitu kompleks, karena untuk perencanaan tersebut meliputi berbagai bidang dimana tanpa koordinasi yang baik dapat menimbulkan benturan-benturan yang akibatnya dapat cukup parah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel