7 Universitas Terbaik di Jakarta, Apakah Kampusmu Masuk Daftar?

Artikel ini membahas mengenai daftar universitas terbaik di Jakarta. Selepas SMA, tentu mayoritas dari pelajar dihadapkan pada situasi yang jauh lebih berat, yakni memilih kampus sebagai tempat kuliah untuk menempuh pendidikan tinggi. Banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih beragam PTN atau PTS yang ada di negeri ini, diantaranya yaitu akreditasi, kesediaan jurusan, fasilitas kampus, dosen, dan juga lokasi kampus.



Jakarta yang notabene merupakan ibukota dari negara Indonesia sudah barang tentu menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki sederet Universitas dengan kualitas yang mumpuni dan selalu menjadi impian para pelajar tanah air yang baru saja lulus dari bangku SMA. Bahkan beberapa dari Universitas tersebut masuk dalam perguruan tinggi terbaik di dunia, wah hebat bukan? Apa saja universitas yang dimaksud? Berikut ini adalah daftarnya

Universitas Terbaik di Jakarta 2018

1. Universitas Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika Universitas yang terletak di Depak ini menjadi salah satu kampus terunggul di Jakarta, bahkan menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Memang lokasi kampus utama Universitas Indonesia tidak berada di ibukota, namun sebagian fakultasnya memang terletak di DKI Jakarta. Kampus yang identik dengan jaket kuning ini mempunyai berbagai pilihan fakultas dan jurusan yang dapat dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan di sana. Beberapa fakultas tersebut diantaranya fakultas kedokteran, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas kedokteran gigi, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memang bukanlah perguruan tinggi negeri di Indonesia, tetapi Perguruan Tinggi yang memiliki gedung kampus di Jakarta dan Depok ini menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta 2018. Bahkan, Universitas Gunadarma menduduki peringkat ke 12 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, universitas yang satu ini juga menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di negeri ini. Soal fasilitas tak perlu ditanya, jika kamu kuliah disini beragam fasilitas mewah dan lengkap pasti kamu dapatkan.

3. Universitas Negeri Jakarta

Universitas terbaik di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Negeri Jakarta. Perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Jakarta Timur ini memang masih kalah pamor jika dibandingkan dengan Universitas Indonesia. Namun jangan salah, universitas yang satu ini juga masuk daftar universitas terbaik di ibukota. PTN yang satu ini awalnya bernama IKIP Jakarta berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963. Dan di tahun 1999 secara resmi berubah menjadi "Universitas Negeri Jakarta". Universitas Jakarta sudah banyak mencetak lulusan terbaik yang menjadi pejabat di negeri ini, salah satunya yaitu Wiranto yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan

4. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara merupakan universitas yang berada dibawah naungan lembaga pendidikan Bina. Nusantara. Kampus utama dari universitas ini, terletak di daerah Jakarta Barat dan ada juga yang berlokasi di Tangerang, Banten. Universitas Bina Nusantara kini memiliki beberapa program pendidikan diantaranya Sekolah Bisnis dan Manajemen,  Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, dan masih banyak lagi. Universitas yang berbasis teknologi ini menjadi yang terbaik ke 15 di Indonesia.

5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menjadi perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia. Universitas yang terletak di Jakarta Barat ini didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 013/da/1965. Lokasi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada di pusat ibukota dan juga merupakan pusat pemerintahan, bisnis, politik, dan perekonomian nasional. PTS yang satu ini menempati posisi ke 23 universitas terkemuka di Indonesia.

6. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan sebutan UIN Syarif Hidayatullah merupakan salah satu perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia yang berpusat di Ciputat, Tangerang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia dan memiliki posisi dan lokasi yang strategis. Di samping itu, universitas yang satu ini telah banyak mencetak alumni yang berprofesi sebagai pendakwah dan sering muncul di layar televisi. Mereka adalah Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Sholeh, dan Mamah Dedeh. Jika selepas lulus SMA kamu ingin memperdalam ilmu agama, universitas tersebut bisa dijadikan pilihan.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Masih dari perguruan tinggi berbasis agama, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menurut Majalah Globe Asia (2008) menempati posisi ketiga universitas swasta terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi swasta ini terletak di kawasan Setia Bud, Jakarta Selatan dan juga kampus lainnya berlokasi di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Universitas tersebut didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Tak cukup sampai disitu, berdasarkan survey Majalah Tempo yang dilakukan mulai tahun 2005 hingga 2007 menempatkan Unika Atma Jaya dalam Top 10 Universitas Terbaik di Indonesia.

Penutup

Menyandang status sebagai universitas terbaik di ibukota dan juga di Indonesia, sudah barang tentu ketujuh PTN dan PTS yang sudah disebutkan di atas memiliki banyak sekali peminat. Hal ini menandakan tingkat persaingan yang sangat ketat untuk bisa menjadi salah satu bagian dari universitas tersebut. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkannya dengan baik dan semaksimal mungkin bila ingin menjadi salah satu mahasiswa baru di sana. Demikian informasi mengenai 7 universitas terbaik di Jakarta, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel