7 Universitas Terbaik di Asia 2018 Versi QS World Univerisity Ranking

Written by
Kali ini, Dunia Manajemen akan menyampaikan informasi mengenai daftar universitas terbaik di Asia tahun 2018 yang telah dirilis oleh World University Ranking. Perlu untuk kamu ketahui, World University Ranking merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Bahkan pemeringkatan tersebut telah mendapatkan  persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG). Banyak perguruan tinggi di dunia yang berlomba-lomba mendapatkan peringkat yang terbaik, tak terkecuali universitas di Asia.


Penilaian yang dilakukan oleh QS World University Ranking didasarkan beberapa indikator yang sangat penting. Beberapa diantaranya yakni reputasi akademik, reputasi lulusan (kesuksesan alumni tersebut di dunia kerja), rasio fakultas dan juga mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah yang pernah dibuat mahasiswa/dosen, fakultas dan mahasiswa internasional. Awalnya, QS World University Rankings, bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) dalam hal pemeringkatan universitas dari seluruh dunia, sebelum akhirnya mengumumkan versi mereka sendiri.

Di negara kita ada banyak universitas top dengan akreditasi dan kualitas yang mumpuni. Sebut saja Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana peringkat PTN tersebut menurut QS World University Ranking? Apakah masuk 10 besar ataukah tidak? Agar tidak membuat kamu penasaran, yuk langsung cek kebenarannya berikut ini :

7 Universitas Terbaik di Asia

1. Nanyang Technological University

Nanyang Technological University merupakan perguruan tinggi berbasis teknologi yang berada di negara tetangga kita, yaitu Singapura. Bahkan Universitas yang satu ini juga masuk ke daftar universitas terbaik di Asia Tenggara. Kampus yang satu ini memiliki berbagai fasilitas modern yang dimanfaatkan untuk pengajaran dan juga riset. Contohnya yaitu jaringan internet tanpa kabel yang dapat menyalurkan data hingga 54 Mbps sehingga mahasiswa dan staff di Universitas tersebut bisa mengakses internet dengan mudah. Wah bagi kalian pemburu internet, boleh dicoba nih.

2. National University of Singapore

Masih dari negara Singapura, National University of Singapore masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik di Asia Tenggara 2018. Perguruan Tinggi yang satu ini dikenal sebagai yang terbesar di Singapura mengacu pada jumlah mahasiswa dan program yang ditawarkan dengan luas 1,5 km². Beberapa program studi terbaik di universitas yang didirikan tahun 1905 ini yaitu teknik kimia, teknik sipil, kimia, ilmu material, arsitektur, dan statistik. Kini, total lebih dari 30 ribu mahasiswa dari seluruh dunia mengenyam pendidikan di sana.

3. The Hong Kong University of Science and Technology (HUKT)

Meski baru didirikan tahun 1991 tetapi The Hong Kong University of Science and Technology sudah berhasil mencetak sejarah dengan menjadi salah satu universitas terbaik di Asia. Pembelajaran di universitas yang berlokasi di Hongkong ini lebih difokuskan pada bidang sains dan teknologi. Total sekitar 14000 mahasiswa menempuh pendidikan di HKUST dengan luas kampus sekitar 60 hektar. Jika kuliah di sana, kamu bisa menikmati keindahan alam Semenanjung Clear Water yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Hongkong.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology

Berlokasi di negara Korea Selatan, Institut yang satu ini juga menjadi salah satu universitas terbaik di Asia Timur. KAIST pertama kali didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan teknik penelitian rekayasa pertama di Korea Selatan. Perguruan Tinggi tersebut memiliki dua kampus di Daejeon (150 kilometer dari selatan ibukota Seoul) dan satu kampus di Seoul. Lebih dari 10.000 mahasiswa dengan mayoritas menempuh pendidikan Pascasarjana atau S2.

5. University of Hong Kong

Sebagai universitas tertua di Hong Kong dan berdiri sejak tahun 1911, University of Hongkong tetap konsisten menjadi salah satu universitas terbaik di Asia 2017 dan masih bertahan hingga 2018, walaupun sedikit turun peringkat. HKU sejak awal pendiriannya sudah mengantongi pengakuan internasional atas pencapaiannya sebagai universitas untuk penelitian yang komprehensif. Total di HKU memiliki lebih dari 28.000 mahasiswa, termasuk 9.000 diantaranya mahasiswa internasional.

6. Tsinghua University

Tsinghua University merupakan universitas yang terletak di Beijing, China. Didirikan pada tahun 1911, Universitas Tsinghua merupakan perguruan tinggi mendedikasikanan untuk keunggulan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan juga pembangunan global. Bersama dengan Universitas Peking, Universitas Tsinghua masih menjadi salah satu institusi akademis terbaik di Tiongkok. Program Studii teknik sipil, elektrik, dan mekanik, serta ilmu material menjadi beberapa produk unggulan di universitas tersebut.

7. Fudan University

Masih dari negeri Tirai Bambu, Fudan University merupakan salah satu universitas unggul yang ada di negara Asia. Universitas Fudan saat ini memiliki empat kampus yang berlokasi di pusat kota Shanghai, termasuk Handan, Fenglin, Zhangjiang, dan Jiangwan. Total dengan jumlah mahasiswa lebih dari 30.000 dengan mayoritas menempuh pendidikan magister. Bahkan beberapa  prodi seperti bahasa modern, teknik mesin, kimia, ilmu material, dan politik termasuk daftar 50 program studi terbaik di dunia.

Wah ternyata Universitas di Indonesia masih belum masuk ya. Tetapi tak mengapa, mungkin untuk saat ini memang belum. namun bukan tidak mungkin dua hingga tiga tahun yang akan datang kita bisa meraihnya. Peran mahasiswa, dosen, rektor, dan seluruh stakeholder kampus sangat vital untuk bisa menggapai impian tersebut. Bagi kamu yang memang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, bahasa Inggris mutlak harus diakui dan bisa mendapatkan nilai IELTS dan TOEFL yang tinggi.

Demikian informasi mengenai Universitas Terbaik di Asia 2018 Versi QS World Univerisity Ranking, semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi bagi kampus-kampus tanah air untuk lebih baik lagi.
SHOW or HIDE COMMENT

No comments:

Post a Comment

close