DUNIA MANAJEMEN: Urgensi Komunikasi

Breaking News

Wednesday, October 3, 2018

Urgensi Komunikasi

Organisasi merupakan kelompok individu yang bekerja secara interdependensi menuju suatu tujuan. Individu akan dapat bekerja secara interdependensi hanya melalui komunikasi. Komunikasi efektif sangat penting untuk semua organisasi. Temuan penelitian yang ditemukan oleh Luthans menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi memberikan kontribusi sebesar 44% bagi manajer yang efektif.
Tidak ada individu, kelompok, atau organisasi bisa tanpa berbagi makna di antara para anggotanya. Chester Barnard menyatakan "sebuah organisasi lahir ketika ada orang yang mampu berkomunikasi". Komunikasi adalah perekat yang dapat mempertahankan organisasi. Dengan kata lain komunikasi tidak dapat dihindari dalam fungsi organisasi.
Komunikasi merupakan aliran kehidupan atau nyawa dari sebuah organisasi. Oleh karena itu, komunikasi menjadi vital bagi kehidupan organisasi. Hubungan baik dengan relasi bisnis dan hubungan efektif dalam organisasi tergantung pada komunikasi. Salah satu fungsi utama dari kantor adalah untuk menyediakan layanan komunikasi yang efektif dan efisien untuk organisasi. Komunikasi yang efektif membantu dalam menjaga kepemimpinan yang efektif, hubungan manusia yang baik, dan motivasi karyawan yang tinggi. Berikut ini diuraikan pengtingnya komunikasi bagi organisasi.
 
Pasokan informasi kepada manajer
Efektivitas keputusan manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi bisnis sebagian besar tergantung pada ketersediaan informasi yang tepat waktu, akurat, dan lengkap. Ini merupakan salah satu fungsi dari layanan komunikasi kantor untuk memberikan informasi tersebut kepada manajer.
 
Komunikasi keputusan manajemen
Keputusan dan arah kebijakan dari manajemen puncak harus disampaikan kepada berbagai tingkat karyawan untuk diimplementasikan. Layanan komunikasi kantor yang efektif sangat penting untuk keperluan tersebut.

Hubungan yang efektif
Setiap saat fungsi organisasi di semua tingkatan membutuhkan pemeliharaan hubungan yang efektif antara berbagai tingkat karyawan dengan eksklusif. Hal ini dimungkinkan hanya jika ada kelancaran arus komunikasi di antara mereka.

Koordinasi yang tepat
Pencapaian tujuan rencana bisnis tergantung pada ketepatan koordinasi kegiatan antar departemen yang berbeda. Layanan komunikasi kantor memungkinkan untuk mempertahankan hubungan komunikasi yang diperlukan antara mereka

Pemeliharaan hubungan dengan pihak eksternal
Pemeliharaan hubungan yang baik dengan pihak eksternal sangat vital bagi setiap keberhasilan organisasi. Layanan komunikasi kantor yang efektif sangat membantu dalam menjaga hubungan dan dapat meningkatkan citra organisasi.

No comments:

Post a Comment

Metode Pengelolaan Konflik

Pada pembahasan kali ini akan di sampaikan beberapa metode pengelolaan konflik. 1) stimulasi konflik dalam satuan-satuan organisasi di mana...

Dunia Manajemen