Strategi Manajemen - DUNIA MANAJEMEN

Strategi Manajemen

Guna melengkapi pengetahuan kita tentang manajemen mutakhir akan dijelaskan pengertian dan ruang lingkup manajemen stratejik. 
J. David Hunger dan Thomas L. Wheelan menyatakan Strategic manajement seperangkat keputusan dan tindakan yang menjadi arah jangka panjang jalannya perusahaan/organisasi. Termasuk di dalamnya potret keadaan sekeliling perusahaan, strategi formulasi, pelaksanaan, dan evaluasi dan pengawasan. Pendapat lain manajemen strategi sebagai seni dan ilmu membuat keputusan tentang formulasi, implementasi dan evaluasi yang saling melengkapi yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya.
Dari kedua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa strategic management merupakan integrating management, mencakup marketing, financing, accounting, production, research and development, sistem informasi, dengan tujuan agar perusahaan berjalan sukses.
Strategic management model meliputi environmental scanning, strategi formulasi, strategi implementasi, dan strategi evaluasi dan kontrol.
Environmental scanning artinya memonitor, mengevaluasi dan menyebarkan informasi tentang keadaan eksternal dan internal perusahaan kepada orang-orang yang pegang posisi dalam perusahaan. Untuk melakukan environmental scanning ini biasanya digunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppertunities, Threats).
Strategi formulasi termasuk di dalamnya mengembangkan misi identifikasi peluang-peluang dan ancaman, kekuatan, dan kelemahan untuk jangka panjang. Dari analisis dapat diketahui bisnis apa yang akan dikembangkan, apa yang akan ditinggalkan, bagaimana mengatur alokasi sumber-sumber, apakah akan di ekspansi atau mengurangi kegiatan, apakah akan ikut masuk pasar global, apakah akan merger, akuisisi dan sebagainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel