Penghapusan Sarana dan Prasarana

Penghapusan adalah kegiatan meniadakan barang-barang milik lembaga dari daftar inventaris berdasarkan pedoman-pedoman yang berlaku. Penghapusan sarana dan prasarana merupakan kegiatan pembebasan sarana dan prasarana dari pertanggungjawaban yang berlaku dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti menurunnya manfaat atau fungsi sarana dan prasarana tersebut.

 

Penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan bertujuan untuk hal-hal berikut:
  1. Mencegah atau sekurang-kurangnya membatasi kerugian/ pemborosan biaya pemeliharaan sarana dan prasarana yang kondisinya semakin buruk, berlebihan, atau rusak dan sudah tidak dapat digunakan lagi.
  2. Meringankan beban kerja pelaksanaan inventaris
  3. Membebaskan ruangan dari penumpukan barang-barang yang tidak dipergunakan lagi.
  4. Membebaskan barang dari tanggung jawab pengurusan kerja.
Ada beberapa alasan yang harus diperhatikan untuk dapat menghapus sarana dan prasarana. Beberapa alasan tersebut yang dapat dipertimbangkan untuk menghapus sesuatu sarana dan prasarana harus memenuhi sekurang-kurangnya salah satu syarat di bawah ini:
  1. Dalam keadaan sudah tua atau rusak berat sehingga tidak dapat diperbaiki atau dipergunakan lagi
  2. Perbaikan akan menelan biaya yang besar sehingga merupakan pemborosan
  3. Secara teknis dan ekonomis, kegunaannya tidak seimbang dengan besarnya biaya pemeliharaan.
  4. Tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masa kini.
  5. Penyusutan di luar kekuasaan pengurus barang (misalnya, barang kimia).
  6. Barang yang berlebih jika disimpan lebih lama akan bertambah rusak dan tak terpakai lagi.
  7. Dicuri, terbakar, dan musnah sebagai akibat bencana alam.
Adapun tahap-tahap dalam penghapusan adalah dengan cara pemilihan barang yang akan dihapuskan, memperhitungkan faktor-faktor penghapusan dengan cara (pelelangan, menghibahkan, membakar, dan sebagainya), disaksikan oleh atasan, dan membuat berita acara tentang pelaksanaan penghapusan.
Ada beberapa cara dalam penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah yang salah satunya adalah pelelangan, menghibahkan, dan pemusnahan. Lelang adalah menghapus dengan menjual barang-barang sekolah melalui Kantor Lelang Negara. Sedangkan cara lain yaitu dengan pemusnahan. Penghapusan jenis ini adalah penghapusan barang inventaris yang dilakukan dengan mempertimbagkan faktor-faktor pemusnahan ditinjau dari segi uang. Sedangkan penghapusan dengan cara menghibahkan yaitu cara penghapusan dengan memberikan barang yang sudah tidak terpakai kepada pihak lain yang lebih membutuhkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel