Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Sunday, October 28, 2018

Pemeliharaan sarana dan prasarana adalah kegiatan untuk melaksanakan pengurusan dan pengaturan agar semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan secara berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan pendidikan. Pemeliharaan merupakan kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang sehingga barang tersebut kondisinya baik dan siap digunakan.



Berikut ini tujuan pemeliharaan:
  1. Mengoptimalkan usia pakai peralatan.
  2. Untuk menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
  3. Untuk menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
  4. Untuk menjamin keselamatan orang atau siswa saat menggunakan alat tersebut.

Dalam kegiatan pemeliharaan, terdapat beberapa macam pekerjaan, yaitu perawatan rutin/berkala, perawatan darurat dan perawatan preventif. Contoh perawatan rutin yaitu membersihkan ruang kelas, kaca, toilet, pembersihan halaman setiap kurun waktu tertentu. Perawatan darurat adalah perawatan yang tak terduga sebelumnya karena ada kerusakan atau tanda bahaya. Sementara perawatan preventif adalah perawatan rutin yang dilakukan pada selang waktu tertentu dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

Dapatkan Update Terbaru