Pelayanan Perpustakaan

Pelayanan Perpustakaan

Tuesday, October 30, 2018

Pelayanan perpustakaan di sini adalah proses penyebarluasan segala macam informasi kepada masyarakat luas. Ada beberapa macam bentuk pelayanan di perpustakaan. Diantaranya pelayanan peminjaman koleksi, pelayanan referensi, dan informasi, pelayanan bimbingan kepada pembaca dan pelayanan jam buka perpustakaan.
 


Dilihat dari sifatnya, pelayanan perpustakaan bisa di kelompokkan ke dalam kategori pelayanan langsung dan pelayanan tak langsung. Yang pertama meliputi pelayanan peminjaman koleksi, pelayanan referensi, dan pelayanan bimbingan kepada pengguna/pembaca. Sedangkan yang kedua meliputi bentuk pelayanan yang mempunyai sifat tidak langsung terjadi transaksi antara petugas dengan penggunanya. Dan untuk lebih jelasnya kedua pelayanan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Pelayanan Langsung. Dikenal dengan nama pelayanan langsung karena bentuk pelayanannya berupa pemberian secara langsung oleh petugas perpustakaan kepada pengguna perpustakaan, dan hasilnya bisa secara langsung diterima oleh pengguna tadi. Contoh untuk pelayanan langsung ini antara lain adalah pelayanan peminjaman bahan atau koleksi perpustakaan pelayanan pemberian jawaban atas pertanyaan pengunjung atau yang juga sering disebut dengan pelayanan referensi, dan juga pelayanan bimbingan kepada pengguna/pembaca.
  2. Pelayanan Tidak Langsung. Seperti sudah disebutkan di muka bahwa pelayanan perpustakaan sifatnya tidak langsung adalah berisi kegiatan yang secara tidak langsung memberikan hasil seketika. Bentuk pelayanan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan dalam rangka pembinaan di berika motivasi kepada para siswa dan pengguna agar kesinambungan pendayagunaan koleksi perpustakaan tetap terpelihara. Pada pelayanan ini petugas perpustakaan lebih banyak bergerak pada usaha menumbuhkembangkan adanya pengetian terhadap fungsi dan peranan perpustakaan dalam meningkatkan hasil belajar.
Sasaran pelayanan tak langsung ini adalah, pertama para siswa yang belum datang menggunakan segala fasilitas yang diadakan oleh perpustakaan, yang dikenal dengan nama pengguna potensial. Sedangkan yang kedua adalah para siswa yang sudah datang ke perpustakaan dan mereka sudah menggunakan segala fasilitas yang disedikan oleh perpustakaan. Kelompok pengguna dalam kategori terakhir tersebut dikenal dengan nama pengguna aktual. Kepada kelompok pengguna aktual ini, petugas perpustakaan tinggal melakukan pembinaan agar mereka mau menggunakan perpustakaan secara lebih efektif lagi, bahkan diharapkan mereka dapat menularkan pengalamannya memanfaatkan perpustakaan kepada siswa yang lain. Dengan adanya komunikasi berantai seperti itu diharapkan pelayanan perpustakaan dapat ditingkatkan.

Secara lebih luas bentuk pelayanan tak langsung ini bisa dengan cara melakukan kegiatan pengadaan koleksi secara terus-menerus, melakukan kerja sama pelayanan dengan perpustakaan yang lain, melakukan kerja sama dengan para guru dan kepala sekolah, melakukan kegiatan pembinaan minat baca dan pelaksanaan kegiatan promosi perpustakaan.

Dapatkan Update Terbaru