Manajemen Sarana dan Prasarana

Secara terminologis, manajemen merupakan segenap perbuatan menggerakkan sekelompok orang atau menggerakkan segala fasilitas dalam suatu usaha kerja sama dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Manajemen sebagai seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengorganisasian dan pengontrolan terhadap sumber daya manusia dan alam untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dalam proses belajar-mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja, kursi, serta media pengajaran.
Sedangkan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pengajaran, seperti halaman, kebun, masjid/musholla, kamar mandi/tempat wudhu, tempat parkir, jalan menuju sekolah, asrama.




Dari beberapa pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen sarana dan prasarana adalah suatu upaya untuk menggerakkan sekelompok orang dalam mengelola segala fasilitas yang ada di lembaga pendidikan untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam memanfaatkan fasilitas yang ada guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan baik di lembaga pendidikan umum maupun di pendidikan islam yaitu bertugas mengatur serta menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan konstribusi pada proses pendidikan secara optimal dan berarti.  Kegiatan pengelolaan ini meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, rehabilitasi, penyimpanan,  inventarisasi, penghapusan.

Manajemen sarana dan prasarana sangat penting bagi suatu lembaga pendidikan. Tanpa manajemen yang baik, tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal. Berkaitan dengan sarana dan prasarana yang ada di lembaga tersebut, maka tanpa adanya manajemen yang baik, maka tidak akan didapat manfaat dari sarana dan prasarana secara maksimal.
Oleh karena itu, perlu dipahami beberapa hal berkaitan dengan implementasi manajemen sarana dan prasarana. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa dalam manajemen atau pengelolaan sarana dan prasarana meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, rehabilitasi, penggunaan, pemeliharaan, penyimpanan, inventarisasi, dan penghapusan.

Dalam setiap proses pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di lembaga pendidikan semua pihak harus ikut serta guna memaksimalkan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel