Manajemen Perkantoran

Pengertian manajemen kantor, dapat ditelusuri dari tiga pertanyaan utama. Pertama apa yang di-manage? Kedua, bagaimana me-manage? Ketiga, untuk tujuan apa manajemen kantor dilakukan?

Menjawab pertanyaan semua tersebut, manajemen kantor dapat didefinisikan sebagai proses merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktivitas kantor dalam mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi untuk membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Apabila di identifikasi, "proses merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi", merupakan jawaban dari pertanyaan kedua; "aktivitas kantor", merupakan jawaban dari pertanyaan pertama; sedangkan "mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi untuk membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien", merupakan jawaban dari pertanyaan ketiga.

Aktivitas kantor dalam definisi manajemen kantor sebagaimana disebutkan di atas merujuk pada fungsi kantor, yang terdiri dari fungsi utama dan fungsi pendukung. Aktivitas utama kantor adalah mengolah data dan informasi sedangkan aktivitas pendukung adalah kegiatan yang diarahkan untuk mendukung pengelolaan data dan informasi agar dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. 

Karena tujuan utama manajemen kantor adalah untuk mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi, secara tegas George R. Terry menyamakan manajemen kantor dengan manajemen informasi. George R. Terry menjelaskan manajemen informasi atau manajemen kantor adalah aktivitas merencanakan, mengoordinasikan, dan memotivasi usaha orang lain untuk mencapai tujuan khusus di kantor sesuai dengan tujuan organisasi

Berikut ini beberapa pendapat para ahli untuk memperkuat pemahaman kita mengenai manajemen perkantoran.
  1. Rao, M.E.T. Manajemen kantor adalah perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian dokumen oleh administrator dalam suatu organisasi.
  2. Wyle and Brecht. Manajemen kantor adalah pemanfaatan dan pengendalian manusia, metode, mesin, dan material untuk mencapai hasil terbaik, kualitas tertinggi, upaya terbaik, waktu tersingkat, cara yang paling praktis, dan dapat diterima oleh manajemen puncak.
  3. E.C. Eyre. Manajemen kantor berkaitan dengan penyediaan layanan komunikasi, informasi dan pengamanan aset.
  4. Denyer. Manajemen kantor adalah memimpin dan mengendalikan kantor untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan cara paling ekonomis.
  5. P.W. Betts. Manajemen kantor adalah aplikasi paling efektif dari semua keterampilan manajerial untuk mencapai tujuan berhubungan dengan fungsi kantor dalam menyediakan informasi yang tepat dan jaringan komunikasi untuk semua bidang dalam organisasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel