Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam

Wednesday, October 24, 2018

Manajemen  berasal dari bahasa inggris to manage yang berarti mengatur, mengurus, atau mengelola. Menurut Melayu S.P. Hasibuan, manjemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif, yang didukung oleh sumber-sumber lain dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam manejemen terdapat dua sistem, yaitu sistem organisasi dan administrasi. Sedangkan manajemen menurut istilah adalah proses mengoordinasikan aktivitas-aktivitas kerja sehingga dapat selesai secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain.
Berikut ini banyak ahli yang memberikan pengertian tentang manajemen . di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Fayol, yang juga dapat di sebut sebagai bapak manajemen ilmiah, (scientific management), mengedepankan proses manajemen   sebagaimana dikutip Imron, sebagai berikut; planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling.
  2. Sondang P. Siagaan, manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.
  3. Hersey dan Blanchard, secara singkat terminologi manajemen mengandung makna “management is working with and throught individuals and groups to accomplish organization goal”.
  4. Abdus Syafi’i Mohammad. F (at-tawafuru linajahi alghordhi), manajemen adalah kemampuan untuk menjadikan suatu perubahan sehingga dapat mencapai tujuan tertentu. 


Sedangkan definisi pendidikan Islam disini adalah sebuah usaha untuk menjadikan anak keturunan dapat mewarisi ilmu pengetahuan ( berwawasan islam). Jadi dapat disimpulkan dari dua definisi  di atas bahwasanya pengertian manajemen pendidikan islam adalah gabungan dari dua kata yaitu manajemen dan pendidikan islam. Maka manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan islam secara Islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.

Dapatkan Update Terbaru