DUNIA MANAJEMEN: Komunikasi

Breaking News

Tuesday, October 2, 2018

Komunikasi

Komunikasi berasal dari bahasa latin "communicates" atau "communicare" dalam bahasa Inggris berarti "to impart to share" yang berarti menyampaikan atau berbagi. Selanjutnya komunikasi telah banyak di definisikan  oleh para ahli dalam kalimat yang bervariasi. Namun demikian semua definisi komunikasi merujuk pada proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih untu mencapai pemahaman bersama. Penekanannya terletak pada kata "pemahaman". Oleh karena itu, pemahaman makna bersama merupakan inti dari komunikasi. Dengan demikian komunikasi mencakup pertukaran dan pemahaman makna.
Berikut ini adalah definisi komunikasi menurut pada ahli.
  1. Mckee,A. Komunikasi merupakan tindakan penyampaian pesan dari satu orang atau kelompok untuk orang atau kelompok lain.
  2. Boddy, D. Komunikasi adalah pertukaran informasi melalui kata-kata tertulis atau lisan, simbol dan tindakan untuk mencapai pemahaman bersama.
  3. Luthans,F.,Doh,J.P. Komunikasi adalah proses mentransfer makna dari pengirim dan penerima.
  4. Mejia,L.R.G., dan Balkin, D.B. Komunikasi adalah proses transmisi informasi yang berarti dari satu pihak kepada pihak lain melalui penggunaan simbol-simbol bersama. Komunikasi akan berhasil apabila makna dipahami bersama.
  5. Hitt, M.A., Black, J,S., dan Porter, L.W. Komunikasi adalah proses mentransfer informasi, makna, dan pemahaman dari pengirim ke penerima.
  6. Dafrt, R.L. Komunikasi merupakan proses dimana informasi dpertukarkan dan dipahami leh dua orang atau lebih, biasanya dengan maksud untuk memotivasi atau memperngaruhi perilaku.
  7. Griffin, R.W dan Moorhead, G. Komunikasi adalah proses sosial antara dua pihak atau lebih untuk bertukar informasi dan berbagi makna.
  8. Jennifer M. George, J.M., dan Jones, G.R., Komunikasi adalah berbagi informasi antara dua atau lebih individu atau kelompok untuk mencapai pemahaman bersama.

No comments:

Post a Comment

Metode Pengelolaan Konflik

Pada pembahasan kali ini akan di sampaikan beberapa metode pengelolaan konflik. 1) stimulasi konflik dalam satuan-satuan organisasi di mana...

Dunia Manajemen