Keuntungan Menerapkan TQM (Total Quality Management)

Pengendalian mutu terpadu (TQM) merupakan suatu sistem manajemen yang melibatkan semua unsur kepegawaian di lingkungan perusahaan, baik sektor barang atau good product maupun sektor jasa atau service. Tujuan dari penerapan sistem TQM adalah untuk meningkatkan mutu, efisiensi dan efektivitas produksi, baik di lingkungan industri maupun institusi lainnya. Dalam mengantisipasi pasar global AFTA yang telah berlaku sejak awal 2003 salah satu program strategis dalam peningkatan penerapan standar di Indonesia. Sebagian besar lembaga pendidikan telah membentuk kelompok kerja di lingkungan sekolah masing-masing yang disebut  sebagai gugus kendali mutu (TQM ). Gugus kendali mutu merupakan salah satu elemen dari penerapan sistem TQM, dengan tugas dan fungsi menganalisis semua permasalahan yang terjadi pada saat berjalan selama satu hari dan mencari penyelesaian masalahnya.


Sistem TQM merupakan dasar manajemen dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9000 series tahun 1994 dan ISO 9001 versi tahun 2000 serta dasar untuk penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 tahun 1996. Oleh karena itu, bagi perusahaan atau lembaga pendidikan yang telah menerapkan sistem TQM bila ingin disertifikasi untuk sistem manajemen mutu ISO 9001 atau sistem manajemen lingkungan ISO 14001 lebih cepat dalam proses penyiapan dokumentasinya dan sertifikasinya, apabila dibandingkan dengan perusahaan yang tidak pernah menerapkan sistem TQM, sehingga hal ini merupakan suatu keuntungan yang positif karena terjadi penghematan biaya untuk kegiatan konsultasi dan penulisan dokumentasi.
Prinsip dari pada pengendalian mutu terpadu (TQM) adalah bahwa sistem manajemen mutu terpadu TQM melibatkan semua elemen karyawan mulai dari top pimpinan atau “Top Management” sampai dengan pelaksana teknis /operator “Button Up Management.” Sistem TQM harus dimengerti, dipahami dan diterapkan secara sinergis, efisien dan efektif dalam semua aktivitas di lingkungan lembaga pendidikan demi tercapainya tujuan, sasaran dan target produktivitas sesuai dengan kebijakan pimpinan puncak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel