Fungsi Manajemen Pendidikan Islam

Fungsi manajemen ini secara garis besar dapat di pahami bahwa seluruh kegiatan manajemen tidak dapat terlepas dari proses planning, organizing, staffing, motivating, controlling dan lain-lain. Adapun lima fungsi utama manajemen  dapat dijelaskan sebagai berikut.


  1. Planning yaitu menentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai selama suatu masa yang akan datang dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujuan-tujuan itu.
  2. Organizing yaitu mnengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan itu.
  3. Staffing, yaitu menentukan keperluan-keperluan sumber daya manusia, pengarahan, penyaringan, latihan dan pengembangan tenaga kerja.
  4. Motivating, yaitu mengarahkan atau menyalurkan perilaku manusia ke arah tujuan-tujuan.
  5. Controlling, yaitu mengukur pelaksanaan pelaksanaan dengan tujuan-tujuan, menentukan sebab-sebab penyimpangan-penyimpangan dan mengambil tindakan-tindakan korektif bila diperlukan.
  6. Leading, pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu: Mengambil keputusan, mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan, Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, dan memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan
  7. Directing/Commanding, adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing sehingga tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan tertuju pada sasaran yang telah ditetapkan.
  8. Coordinating, merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokkan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
  9. Evaluating, artinya menilai semua kegiatan untuk menilai semua kegiata untuk menemukan indikator yang menyebabkan sukses atau gagalnya pencapaian tujuan, sehingga  dapat dijadikan bahan kajian berikutnya.
  10. Reporting, adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
  11. Budgeting, adalah suatu fungsi manajemen sebagai penyusunan anggaran biaya yang harus terencana dengan matang.
  12. Actuating, adalah kegiatan yang menggerakkan dan mengusahakan agar para pekerja melakukan tugas dan kewajibannya.
  13. Forecasting, adalah meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Kegiatan meramal atau memperkirakan biasanya didasarkan pada hasil pengawasan dan evaluasi sehingga organisasi dapat membuat perencanaan yang lebih baik dan mempersiapkan alternative yang akan di ambil dalam suatu keputusan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel