Fungsi Komunikasi - DUNIA MANAJEMEN

Fungsi Komunikasi

Komunikasi yang baik tidak jauh dari fungsi yang mendukung keefektifan komunikasi. adapun menurut fungsi komunikasi menurut Effendy adalah :
  1. Menginformasikan. Kegiatan komunikasi itu memberikan penjelasan, penerangan, mengenai bentuk informasi yang disajikan dari seorang komunikator terhadap komunikan. Informasi yang akurat diperlukan oleh beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan keputusan.
  2. Mendidik. Penyebaran informasi tersebut sifatnya memberi pendidikan atau penganjuran sesuatu pengetahuan, menyebarluaskan kreativitas untuk membuka wawasan dan kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara luas, baik untuk pendidikan formal di sekolah maupun di luar sekolah.
  3. Menghibur. Penyebaran informasi yang disajikan kepada komunikan untuk memberikan hiburan. Menyampaikan informasi dalam lagu, lirik, dan bunyi, maupun gambar dan bahasa membawa setiap orang pada situasi menikmati hiburan.
  4. Mempengaruhi. Komunikasi sebagai sarana untuk mempengaruhi khalayak untuk memberi motivasi, mendorong untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang di lihat, dibaca, dan didengar. Serta memperkenalkan nilai-nilai baru untuk mengubah sikap dan perilaku ke arah yang baik dan modernisasi.
Menurut Scoot dan Mitchell, Komunikasi mempunyai empat fungsi:
  1. Fungsi kontrol. Komunikasi formal dapat dilakukan dengan mengontrol karyawan dengan menanyakan ulang deskripsi pekerjaannya, kepada siapa melaporkan hasil pekerjaannya dan lain-lain yang membutuhkan komunikasi dengan atasan mereka.
  2. Fungsi motivasi. Fungsi ini biasanya dilakukan melalui pemberian feedback kepada bawahan mengenai apa yang telah mereka lakukan, sebaik apa mereka mengerjakannya dan apa yang  sebaiknnya dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya di masa mendatang.
  3. Fungsi emosi. Pada dasarnya salah satu tujuan bekerja adalah melakukan interaksi sosial. Salah satu bentuk interaksi sosial tersebut adalah komunikasi dimana masing-masing anggota organisasi dapat mengekpresikan emosi yang negatif.
  4. Fungsi informasi. Berhubungan dengan memperlancar pengambilan keputusan yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen. Dengan mentransfer data alternatif pilihan yang ada.
Secara umum fungsi komunikasi adalah sebagai berikut:
  1. Menyampaikan perilaku atau perasaan
  2. Tidak terasing atau terisolasi dari lingkungan
  3. mengajarkan atau memberitahukan sesuatu
  4. Mengetahui atau mempelajari dari peristiwa di lingkungan
  5. Mengenal diri sendiri
  6. Memperoleh hiburan atau menghibur orang lain
  7. Membujuk atau memaksa orang lain agar mereka berpendapat, bersikap, dan berperilaku sebagai mana yang diharapkan
  8. Mengisi waktu luang
  9. Menambah pengetahuan dan merubah sikap serta perilaku kebiasaan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel