4 Pilar Perpustakaan

  1. Pustakawan. Pustakawan adalah seorang tenaga kerja bidang perpustakaan yang telah memiliki pendidikan ilmu perpustakaan, baik melalui pelatihan, kursus, seminar, maupun dengan kegiatan sekolah formal. Pustakawan ini orang yang bertanggung jawab gerak maju roda perpustakaan. Menurut Cram, ada beberapa pokok persoalan yang perlu diperhatikan, stereotip, permasalahan citra, dan keterbatasan diri perpustakaan.
  2. User (Pemustaka). User atau pengguna fasilitas yang disediakan perpustakaan baik berupa koleksi maupun buku. Pengguna berbagai macam jenisnya, ada mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat pada umumnya. Jika di perguruan tinggi, user bisa dari kalangan mahasiswa, dosen, karyawan, maupun masyarakat civitas akademik tergantung kebijakan perpustakaan perguruan tinggi tersebut.
  3. Pustaka. Bahan pustaka adalah semua hal yang mengandung informasi yang disimpan-sajikan oleh perpustakaan. Patut disadari bahwa buku memiliki arti yang sangat penting bagi seorang individu. Selain untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, dengan membaca seseorang dapat mengembangkan daya imajinasi dan daya pikir dari informasi yang diperoleh.
  4. Gedung Perpustakaan. Gedung perpustakaan merupakan sarana yang amat penting dalam penyelenggaraan perpustakaan. Dalam gedung itulah segala aktivitas dan program perpustakaan dirancang dan diselenggarakan. Pembangunan gedung perpustakaan perlu memerhatikan faktor-faktor fungsional dari kegiatan perpustakaan. Memang secara umum gedung perpustakaan sama dengan gedung lainnya, yang membedakan adalah gedung perpustakaan merupakan sarana yang berfungsi sebagai fasilitas layanan, untuk itu maka gedung perpustakaan harus memerhatikan kemudahan arus pergerakan manusia sebagai pengguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel