Pengertian Manajemen

manajemen adalah

Manajemen merupakan proses penataan dengan melibatkan sumber-sumber potensial baik yang bersifat manusia maupun non-manusia guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Proses manajemen itu telah banyak dikedepankan oleh para ahli, dengan menggunakan berbagai macam label, misalnya fungsi-fungsi manajemen dan abstraksi-abstraksi manajemen. Berikut adalah beberapa proses manajemen menurut para ahli.
  • Fayol, yang disebut juga sebagai bapak manajemen ilmiah, mengedepankan proses manajemen sebagai planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling.
  • Sondog P. Siagaan, manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.
  • Hersey dan Blanchard, secarasingkat terminology manajemen mengandung makna “management is working with and through individuals and groups to accomplish organizing goal”
  • Abdus Syafi’I Mohammad F., manajemen adalah kemampuan menjadikan suatu perubahan sehingga dapat mencapai tujuan tertentu.
Sehingga saya dapat memberikan kesimpulan bahwa manajemen adalah proses perencanaan yang melibatkan banyak orang, untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara efektif dan efisien.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel